MENGENAL MENDELEY
Apa itu
Mandeley?....
Dalam sebuah penulisan karya ilmiah “Citation” merupakan elemen
penting. Seringkali penulis pemula, pelajar, mahasiswa dan masyarakat akademik
pada umumnya, terjebak dalam tindakan plagiasi yang tidak disengaja karena
kurang hati-hati dalam membuat sebuah sitiran. Oleh karenanya, keberadaan
sebuah perangkat lunak yang berfungsi sebagai “citation & reference
manager” adalah sebuah kebutuhan. Dengan perangkat lunak dimaksud, setiap
penulis dapat mengidentifikasi kualitas dan keaslian (baca melacak) setiap
referensi yang digunakan. Di samping itu dengan “citation & reference
manager”, penulis dapat mengolah dokumen referensi yang dimiliki, membuat
pengelompokan berdasarkan topik/kategori tertentu, sekaligus me-retrieve
metadata yang terdapat di dalam dokumen.
Saat ini banyak sekali bermunculan perangkat lunak “citation &
reference manager” yang menawarkan berbagai fitur yang memudahkan penulis
maupun dosen pembimbing untuk melacak keaslian referensi yang digunakan oleh
mahasiswanya. Salah satu perangkat lunak “citation dan reference manager” yang
belakangan ini mencuri perhatian banyak pihak adalah Mendeley.
Mendeley adalah sebuah perangkat lunak yang kelahirannya diilhami
oleh sebuah upaya untuk mengintegrasikan “citation & reference manager” ke
dalam sebuah jejaring sosial. Dengan jejaring semacam ini, peneliti di berbagai
belahan dunia dapat berkolaborasi dan melakukan sharing data penelitian.
Perangkat lunak Mendeley saat ini tersedia dalam 2 (dua) versi,
Desktop Edition dan Institutional Edition. Mendeley Desktop Edition
(selanjutnya dalam panduan ini akan disebut Mendeley saja) adalah perangkat
lunak “citation & reference manager” yang bisa didapatkan secara gratis
(tidak berbayar) dan sangat kompatibel dengan program pengolah kata MS Word
(2003,2007,2010), Mac Word (2008, 2011), Open Office/Libre Office (3.2), dan
Bib Tex.
Beberapa fitur yang menjadi andalan Mendeley antara lain:
·
Dapat
berjalan pada MS Windows, Mac, ataupun Linux.
·
Menampilkan metadata dari sebuah file PDF
secara otomatis.
·
Backup dan sinkronisasi data dari beberapa
komputer dengan akun online.
·
Smart
filtering dan tagging.
·
PDF
viewer dengan kemampuan anotasi dan highlighting.
·
Impor
dokumen dan makalah penelitian dari situs-situs eksternal (misalnya PubMed,
Google Scholar, arXiv, dll).
·
Integrasi
dengan berbagai perangkat lunak pengolah kata seperti MS Word, Open Office, dan
Libre Office.
·
Fitur
jejaring sosial.
·
iPhone
dan iPad app.
·
Free
web storage sebesar 2 GB yang dapat dimanfaatkan sebagai online backup.
Disamping itu, pengaturan dan manajemen file hasil download sangat
mudah dilakukan dengan “drag and drop”, sehingga terasa sangat user friendly.
Namun demikian bukan berarti Mendeley tidak memiliki kelemahan. Mendeley akan
mengunggah semua file yang ada di hard disk lokal ke web site Mendeley,
sehingga apabila file-file ini kita dapatkan dari jurnal berbayar seperti
ScienceDirect, ProQuest, ClinicalKey tentunya akan sedikit bermasalah khususnya
dengan hak akses terhadap file-file tersebut.
Than how to use it?...
Cara menggunakannya adalah sebagai berikut:
2.
Unduh
aplikasi Mendeley pada situs tersebut dan instal di laptop atau PC.
3.
Lakukan
verifikasi pendaftaran/registrasi melalui pesan yang dikirim melalui email yang
digunakan untuk registrasi tadi.
4.
Mendeley
siap bekerja untuk kita.
5.
Mulai
jalankan aplikasi dengan membuat library dengan cara mengunduh artikel, jurnal
dari beberapa sumber seperti sciencedirect, springerlink, ebsco atau sumber
yang lainnya.
6.
Lakukan
validasi metadata, artikel/jurnal yang sudah didapat perlu di validasi untuk
memastikan sumber yang didapatkan benar sesuai dengan penulis. Cara validasi
adalah dengan melakukan klik Details are correct.
7.
Untuk
mengoneksikan Mendeley dengan Microsoft Word maka perlu dilakukan instalasi
plugin Mendeley dengan cara klik menu Tools pada aplikasi Mendeley, pilih
Install MS Word Plugin.
8.
Langkah
selanjutnya adalah membuat kutipan di tulisan kita pada Microsft Office Word,
langkah yang dilakukan adalah dengan cara klik menu References pada Microsoft
Office Word, pilih Insert Citation.
9. Pilih jurnal atau artikel yang akan dikutip dengan meng-klik artikel
tersebut (cari di library).
10. Setelah semua selesai tinggal membuat daftar pustaka pada akhir penulisan
dengan cara klik menu References, pilih Insert Bibliography maka secara
otomatis akan terbuat Daftar Pustaka.
11.
Jika ingin merubah style Bibliography ke style
yang lain misalnya Harvard (misalnya Sunardi et al, 2014) ke Vancouver(yang
memakai angka [2]), langkah yang dilakukan dengan cara klik References, pilih
Style dan sesuaikan dengan gaya yang dikehendaki. Secara otomatis akan berganti style Daftar Pustaka. Semua akan tersusun dengan rapi dan lengkap
jika dari awal tulisan kita secara teratur menuliskan referensi yang kita
kutip.
12.
Untuk
referensi yang tidak ada diinternet kita bias masukkan secara manual dengan
program ini juga sehingga tetap bisa tertulis di daftar pustaka.
13.
Selamat
mencoba dan berkarya. Jika koneksi kita bagus dan referensi yang kita sitasi
adalah jurnal online, maka secara otomatis referensi yang kita tulis akan
terhubungkan langsung dengan jurnal yang kita maksud untuk memudahkan
penelusuran oleh pembaca. Ini mungkin
salah satu cara alternative kita untuk meningkatkan mutu tulisan terutama
menghindari terjadinya plagiasi karena pembaca akan dengan mudah mengetahuinya.
Refrensi:
https://www.google.com/amp/s/www.kompasiana.com/amp/sunardialbanyumasi/membuat-daftar-pustaka-dengan-mudah-menggunakan-aplikasi-mendeley-gratis_54f5fb95a33311f1768b489f
Refrensi:
https://www.google.com/amp/s/www.kompasiana.com/amp/sunardialbanyumasi/membuat-daftar-pustaka-dengan-mudah-menggunakan-aplikasi-mendeley-gratis_54f5fb95a33311f1768b489f
Tidak ada komentar:
Posting Komentar