MARI GUNAKAN ZOTERO !
Salah satu aktifitas yang akan banyak dilakukan oleh seorang
mahasiswa adalah membuat tulisan dalam bentuk paper, reaction paper, atau final
paper. Ini adalah kegiatan utama sebagai seorang akademisi dan calon akademisi
yaitu membuat suatu karya ilmiah. Dalam proses itu, tulisan perlu merujuk sumber yang jelas
dan menjelaskan argumen dengan referensi yang mumpuni. Karenanya sebagai
mahasiswa melakukan sitasi atau merujuk kepada sumber yang terpercaya adalah
satu kemampuan yang penting.
Merujuk pada sumber sebetulnya bukan perkara yang sulit. Selama
kita memiliki sumber yang relevan dan kuat bisa dilakukan dengan mudah. Namun
akan sangat merepotkan jika melakukannya secara sering dan berulang. Karena
mencantumkan sumber atau catatan kaki harus sesuai dengan gaya penulisan apakah
APA, MLA, atau AMA atau gaya yang lainnya. Meskipun gaya penulisan itu pada
prinsipnya sama namun detailnya ada perbedaan satu sama lainnya. Tentu akan sangat merepotkan jika kita harus
mengulang membuat sitasi untuk satu sumber yang sama berkali-kali
Untuk mempermudah proses ini, ada banyak
pengembang software yang membuat aplikasi untuk membantu sitasi atau rujukan
atau citation manager. Di kampus kami,
di Ohio University, mahasiswa didorong untuk menggunakan Zotero sebagai
citation manager. Kampus kami menyelenggarakan pelatihan Zotero secara rutin
oleh perpustakaan untuk mengajarkan mahasiswa bagaimana menggunakan aplikasi
ini dalam penulisan karya ilmiah. Saya merasakan manfaat yang begitu besar menggunakan Zotero dan bisa menghemat waktu
yang cukup banyak.
Apa itu Zotero ?
Zotero adalah aplikasi gratis untuk
pengelolaan referensi yang diproduksi oleh George Mason University. Zotero bisa
terintegrasi dengan web browser, aplikasi office untuk melakukan sitasi, footnote
atau membuat bibliografi.
Manfaat
dan Kegunaan Zotero
·
Secara
sederhana ada beberapa kegunaan utama dari Zotero, seperti di bawah ini:
·
Mengambil dan mengelola berbagai sumber dari
berbagai media (jurnal, web, buku, paper, dokumen, video, blog) dalam satu
tempat.
·
Membantu
mengelola daftar bibliografi untuk riset yang sedang dijalankan.
·
Membantu
membuat sitasi atau rujukan dengan berbagai pilihan gaya penulisan seperti APA,
MLA, AMA dll
Langkah Menggunakan Zotero....
INSTALASI ZOTERO
Zotero memiliki dua versi aplikasi
yang bisa digunakan. Yang pertama adalah versi “add‐on”. Versi ini
mensyaratkan adanya peramban Mozila Firefox. Aplikasi Zotero akan ditambahkan (add‐on) dan menjadi
bagian dari Mozila Firefox. Versi yang kedua adalah versi “standalone”.
Pada versi standalone, aplikasi akan diinstal sebagai aplikasi berdiri
sendiri dalam Program Files (MS Windows) dan membutuhkan konektor untuk
menghubungkan dengan peramban yang digunakan (Chrome, Safari, Firefox). Panduan ini disusun dengan menggunakan sistem operasi MS
Windows dan peramban Mozilla Firefox.
1. INSTALASI VERSI ADD‐ON
b. Klik pranala (pranala) ”download now” untuk menuju ke laman pengunduhan Zotero.
c. Klik pranala ”Install Zotero for Firefox” untuk mengunduh aplikasi Zotero.
d. Klik ’Allow’ untuk
memulai proses unduh
e. Setelah proses unduh selesai, klik “Install” untuk memulai proses instalasi. Peramban akan meminta restart
browser setelah proses instalasi berhasil dilakukan.
f. Setelah instalasi akan muncul logo Zotero di sudut
kanan atas peramban Firefox.
2. INSTALASI VERSI STANDALONE
b.
Klik pranala ”download
now” untuk menuju ke laman unduh Zotero.
c.
Klik pranala ”Zotero
4.0 for Windows”
untuk mengunduh aplikasi Zotero.
Proses ini akan mengunduh file : zotero‐4.0.29.10_setup.exe (release terakhir saat panduan ini ditulis).
d. Klik dua kali file hasil unduhan untuk menjalankannya.
Ikuti seluruh tahapan instalasi (tekan ”Next”) sampai selesai.
e. Tahapan instalasi berikutnya adalah menghubungkan Zotero
standalone dengan peramban yang digunakan. Pilih dan instalasikan konektor
(browser extensions) yang sesuai (misalnya: Chrome).
f. Peramban akan memunculkan jendela baru. Klik “added to chrome” untuk mengaktifkan Zotero
connector.
MENGENAL INTERFACE ZOTERO
Setelah aplikasi Zotero terpasang dalam komputer kita,
saatnya untuk mengenali interface yang tersedia di dalam aplikasi. Untuk
membuka interface Zotero, buka peramban Firefox dan klik logo Zotero di
sudut kanan atas peramban. Interface Zotero terbagi atas tiga bagian :
a. Left panel : berisi struktur koleksi referensi yang
dimiliki. Setiap folder dapat merujuk pada pengelompokan atau peminatan
pada topic tertentu. Di bagian bawah terdapat tag (penanda) untuk memudahkan
proses retrieval.
b. Central panel : berisi daftar referensi yang dimiliki atau
terdapat dalam perangkat komputer yang digunakan. Daftar referensi yang
ditampilkan dalam central panel merujuk pada struktur koleksi yang aktif
pada left panel.
c. Right panel : berisi detail informasi yang merupakan data
bibliografi dari referensi yang ada. Informasi yang tampil pada panel ini
merujuk pada item referensi yang ditunjuk pada central panel.
MEMBANGUN PANGKALAN DATA
Pangkalan data pada
dasarnya merupakan sebuah sistem simpanan data yang tersusun dan terorganisasi
dengan baik. Dalam hal ini data yang dimaksud berupa koleksi referensi yang didapat
dan digunakan untuk rujukan pembuatan karya tulis.
Ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk
menambahkan data koleksi referensi ke dalam aplikasi Zotero. Hal ini berkaitan
dengan jenis dan cara mendapatkan referensi dimaksud Langkah‐langkah berikut ini menjelaskan bagaimana menambahkan data
referensi ke dalam Zotero.
1.
Menambahkan referensi secara manual
a. Klik tombol “New item”
yang terletak di atas central panel. Pilih opsi yang sesuai. (Book,
Book section, Journal article, dll).
b. Pada central panel akan ditambahkan satu item
kosong. Pilih item kosong tersebut.
c. Geser kursor ke right panel, kemudian isikan field‐field
yang sesuai. Tekan tombol “Enter”, dan central
panel akan terisi referensi yang baru saja ditambahkan.
2.
Menambahkan referensi dari internet
a.
Buka peramban Firefox, dan tuliskan salah satu alamat search
engine atau jurnal elektronik yang disukai.
b. Masukkan kata kunci sebagai dasar untuk melakukan
penelusuran artikel di internet.
c. Pilih salah satu artikel yang sesuai. Simpan artikel dan
tambahkan ke dalam Zotero dengan klik ikon di samping kanan logo Zotero (menu
sebelah kanan atas dari peramban Firefox). Data otomatis akan ditambahkan ke
dalam Zotero.
Catatan: Zotero juga dapat
menyimpan metadata lebih dari satu artikel secara bersamaan. Tandai
artikel yang akan disimpan pada jendela baru yang dimunculkan oleh peramban,
kemudian tekan OK.
3. Menambahkan referensi dari file PDF
·
Buka Windows Explorer dan buka folder
dimana koleksi referensi berupa filefile
·
PDF tersimpan.
·
Pilih salah satu file PDF, kemudian drag and drop ke dalam central
panel aplikasi Zotero.
·
Pada central panel, pilih file PDF yang telah ditambahkan tadi
kemudian klik kanan dan pilih opsi : retrieve metadafa for PDF
·
Metadata bibliografi akan segera ditambahkan ke dalam Zotero, dan
file PDF akan diletakkan di bawah judul
4.
Menambahkan referensi lewat Identifier
·
Buka interface Zotero pada peramban Mozilla Firefox.
·
Pilih menu “Add items by Identifier”
·
Masukkan nomor ID referensi (ISBN, DOI, PMID) yang akan ditambahkan
ke dalam Zotero. Selanjutnya tekan tombol ”Enter”.
·
Data akan segera ditambahkan ke dalam Zotero.
MENGELOLA
KOLEKSI REFERENSI
Pada dasarnya Zotero berfungsi sebagai sebuah
perpustakaan digital pribadi. Oleh karena itu, diperlukan manajemen
koleksi yang baik untuk memudahkan proses temu kembali referensi yang
diperlukan. Zotero memiliki fasilitas untuk membuat pengelompokan atau
kategorisasi artikel ke dalam folder. Dengan demikian, referensi dengan
topik bahasan yang sama dapat dikelompokkan dalam satu folder tersendiri
untuk memudahkan penelusuran.
Langkah‐langkah berikut ini menjelaskan bagaimana manajemen
koleksi tersebut dapat dilakukan dalam Zotero.
1.
Membuat ”New Collection”
·
Klik tombol “New
Collection” yang terletak di atas left
panel.
·
Kemudian pada jendela baru yang muncul, masukkan nama sesuai topic
bahasan yang akan dikelompokkan. (misalkan: cardiology).
·
Klik OK maka pada left panel akan ditambahkan folder baru
bernama : cardiology (sesuai penamaan yang dibuat).
·
Pindahkan artikel (pada central panel) yang sesuai dengan
kategori tersebut ke dalam folder yang baru dibuat tadi dengan cara : drag
and drop.
·
Klik folder “cardiology”, maka pada central panel
akan terlihat hanya artikel terpilih (sesuai kategori) saja yang ada di
dalam folder tersebut.
2. Mencari dan menemukan koleksi referensi dalam Zotero.
·
Masukkan kata kunci ke dalam field
search di atas central panel.
·
Central panel akan menampilkan daftar referensi
sesuai dengan keyword pencarian.
Catatan :
Pencarian dapat juga dilakukan dengan menggunakan menu Advanced
Search di atas central panel.
MEMBUAT KUTIPAN DAN DAFTAR PUSTAKA
1. Integrasi dengan Aplikasi Pengolah Kata
·
Buka peramban Firefox dan tuliskan alamat berikut :
·
Pilih plugin yang sesuai
dengan aplikasi pengolah kata yang tersedia pada komputer. Dalam contoh ini
kita akan memasang plugin ke dalam MS Word, sehingga dipilih : Word for Window plugin 3.5.5.
·
Ikuti proses instalasi sampai
selesai, kemudian buka aplikasi MS Word untuk memastikan bahwa plugin sudah
terpasang dengan benar. (Ditambahkan satu menu baru : Zotero, pada bilah menu
MS Word)
2. Menambahkan Sitasi ke dalam MS Word
·
Buka aplikasi MS Word, kemudian
ketikkan satu kalimat kutipan.
·
Tekan tombol Add/edit Citation
pada toolbar di kiri atas MS Word.
·
Tentukan terlebih dahulu citation
style yang akan dipergunakan dalam naskah (misal American Psychological
Association 6th edition), kemudian tekan OK.
# Langkah ini hanya akan dilakukan
satu kali saja.
·
Pada kotak dialog baru yang muncul
klik logo Zotero, dan pilih Classic View.
·
Pilih referensi yang dijadikan
sebagai dasar kutipan, kemudian tekan OK
Catatan :
Untuk membuat sitasi dari dua sumber atau lebih,
gunakan pilihan multiple sources. Gunakan panah hijau untuk memindah
(memilih) artikel. Maka pada naskah akan ditampilkan sitasi yang dibuat.
3.
Merubah Citation Style
·
Tekan tombol Document
Preferences pada
Zotero toolbar.
·
Pada kotak dialog yang muncul tentukan citation style yang baru
(misal: Chicago Manual of Style 16th edition)
·
Naskah pada dokumen dengan segera
berubah sesuai dengan style yang dipilih.
4.
Membuat Daftar Pustaka
·
Tekan tombol Insert
Bibliography pada
Zotero toolbar.
·
Daftar Pustaka secara otomatis
akan dibuat dalam hitungan detik.
SINKRONISASI
Fitur sinkronisasi daring (online) yang dimiliki
Zotero membuka kemungkinan untuk mengakses koleksi referensi yang tersimpan
dalam Zotero dari komputer manapun sejauh terkoneksi dengan internet.
Fitur sinkronisasi pada dasarnya terbagi atas dua bagian, yaitu
sinkronisasi data dan sinkronisasi file.
1. Membuat Akun Zotero
Fitur sinkronisasi mensyaratkan kepemilikan akun Zotero.
Untuk membuat akun di dalam server Zotero, ikuti langkah‐langkah
berikut ini :
·
Klik menu ”Register” pada sudut kanan atas laman web
Zotero.
·
Isi dan lengkapi form registrasi akun Zotero yang tersedia.
·
Buka interface Zotero, kemudian pilih menu “Preferences”.
·
Pada jendela menu Preferences pilih opsi “Sync”. Masukkan informasi login sebagaimana yang telah dibuat ke
dalam “Zotero Sync Server”. Klik “OK” dan Zotero siap melakukan sinkronisasi.
Catatan:
Secara default, sinkronisasi diatur untuk
dilakukan secara otomatis. Namun demikian, pengguna bisa melakukan sinkronisasi
secara manual dengan menekan tombol Sync with Zotero Server pada sisi
kanan toolbar Zotero.
2.
Sinkronisasi Data
Sinkronisasi
data berfungsi untuk menggabungkan item, catatan, tautan (pranala), tag,
dan lain‐lain (kecuali file
lampiran) yang tersimpan pada komputer lokal maupun pada
server Zotero. Dengan fitur sinkronisasi data, bekerja dengan banyak computer
(berganti-ganti) bisa jadi lebih nyaman. Sinkronisasi data tidak dibatasi oleh kapasitas simpan sebagaimana
pada sinkronisasi file. Disamping itu sinkronisasi data dapat digunakan
tanpa harus melakukan sinkronisasi file.
3.
Sinkronisasi File
Sinkronisasi
data hanya berupaya menyamakan item‐item koleksi yang terdapat pada komputer lokal dan server Zotero, namun
tidak dilakukan terhadap file‐file yang dilampirkan ke dalam koleksinya. Untuk menyamakannya,
dapat menggunakan fasilitas Zotero File Storage atau WebDAV. Zotero File Storage merupakan opsi yang direkomendasikan oleh pengembang aplikasi
Zotero dikarenakan memiliki beberapa kelebihan yang tidak dimiliki oleh WebDAV.
Setiap pengguna Zotero disediakan 300 MB Zotero File Storages untuk menyimpan
file‐file yang dilampirkan, dan diberikan secara gratis oleh
pengembang.
WebDAV
merupakan protokol standar untuk mentransfer sebuah file
melalui web. Saat ini banyak pilihan untuk penyediaan layanan WebDAV
oleh pihak ketiga, baik gratis maupun berbayar seperti cloudMe,
JungleDisk, dan lain‐lain
Untuk
pengaturan sinkronisasi file pada aplikasi Zotero yang digunakan, ikuti langkah‐langkah berikut :
·
Buka menu ”Preferences”
pada interface Zotero.
·
Pilih tab ”Sync”, kemudian ubah pengaturan ”Sync attachment files in My Library using” ke opsi WebDAV.
·
Masukkan informasi login ke server WebDAV yang
digunaka.
·
Klik ”Verify Server” terlebih dahulu untuk membuat folder
Zotero dalam server WebDAV yang digunakan.
·
Klik ”OK” dan Zotero siap untuk disinkronisasikan.
Refrensi:
https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=http://lib.ugm.ac.id/data/panduan_zotero.pdf&ved=2ahUKEwiK5vCqxKvpAhUsILcAHZvoDZQQFjAAegQIBBAC&usg=AOvVaw3XA2TNO-_UOKBqfbQemjaU
Refrensi:
https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=http://lib.ugm.ac.id/data/panduan_zotero.pdf&ved=2ahUKEwiK5vCqxKvpAhUsILcAHZvoDZQQFjAAegQIBBAC&usg=AOvVaw3XA2TNO-_UOKBqfbQemjaU
Tidak ada komentar:
Posting Komentar